Waktu yang Tepat Melakukan USG Kehamilan [Ultrasonografi Timing]

Alat Ultrasonografi atau bisa disebut USG adalah alat yang biasa digunakan untuk melihat perkembangan janin. USG menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi untuk dapat melihat kedalam rahim anda. Gelombang suara ini mengirimnya kembali ke mesin yang mengubahnya menjadi gambar bayi anda.

Pemeriksaan USG saat kehamilan sangat penting untuk memantau janin apakah ada kelainan, lipatan, melihat posisi plasenta dan mencari tahu jenis kelamin bayi.

Penggunaan USG membutuhkan tenaga medis yang ahli untuk menerjemahkan hasil yang ada dimonitor USG.

Waktu yang tepat untuk USG
img:rainbowmedinova

Berikut ini timing/waktu yang tepat untuk melakukan cek Ultrasonografi (USG). Setelah anda telah positif hamil dan memastikan bahwa diperut anda telah memiliki janin, maka anda sebaiknya melakukan USG pada waktu sebagai berikut :

1. Awal kehamilan (11-14 minggu)

USG pada usia ini sangat penting untuk mendeteksi kelainan pada janin, apakah ada cacat bawaan dan lain sebagainya agar cepat terdeteksi lebih dini dan bisa dilakukan langkah-langkah pencegahan atau pengobatan.

2. 20-25 minggu usia janin

Pada usia ini anda dapat mengetahui prediksi apa kelamin bayi anda. Wanita atau Laki-laki. Pada kondisi ini janin sudah memiliki detak jantung.

3. Minggu ke 26-28

Ini adalah waktu terbaik untuk melihat lebih jelas janin anda. Anda dapat memantau bagaimana perkembangan awal sang janin. Kamu bisa melihat aktivitas bayi bermain didalam rahim anda seperti menendang-nendang.

4. Minggu ke 29-32

Kamu bisa menggunakan USG 4D pada usia ini. Wah ini adalah waktu yang sangat dinanti bagi sang ibu melihat sang bayi lebih jelas lagi

5. Minggu 33-37

Ini adalah periode USG yang terakhir. Disini dokter akan mellihat dan memprediksi kapan anda melakukan persalinan. Melihat posisi plasenta. Melihat kesehatan sang bayi apakah ada kelainan atau tidak. Melihat posisi kepala.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *