Perkembangan Janin di Usia Kehamilan 1 Bulan

Pengalaman pada masa kehamilan bisa jadi berbeda pada masing-masing individu, tapi pada dasarnya rangkaian perkembangan janin di dalam kandungan memiliki urutan proses pertumbuhan yang sudah terbukti secara ilmiah dan tidak bisa diubah.

perkembangan bayi 1 bulan

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai perkembangan janin di usia kandungan 1 bulan, tetapi sebelumnya, ada dua hal penting yang harus Anda ketahui mengenai masa perkembangan janin di usia ini, yaitu:

Momen Vital dalam Masa Kehamilan

Usia 1 bulan pertama ada momen paling vital dalam kehamilan karena di rentang waktu inilah sel telur berhasil dibuahi oleh sperma. Tak perlu buru-buru menyimpulkan kehamilan Anda setelah berhubungan badan karena sel telur membutuhkan waktu yang bervariasi untuk merespons pembuahan dari sel sperma.

Sulit Terdeteksi

Perlu diketahui bahwa pada masa perkembangan janin di usia 1 bulan seringkali tidak ada tanda-tanda perubahan fisiologis pada tubuh sang Ibu. Karena itu, wajar jika ada sebagian orang yang tidak sadar bahwa dirinya atau pasangannya tengah hamil saat proses ini berlangsung.

Cara paling mudah untuk memastikannya tentu menggunakan alat tes kehamilan yang bisa diperoleh di apotek atau minimarket. Tapi sebaiknya hal ini dilakukan apabila sudah ada tanda-tanda kehamilan yang nampak, seperti rasa mual atau telat menstruasi.

Itulah dua hal penting yang perlu diperhatikan di bulan pertama masa kehamilan. Untuk memahami perkembangan janin di usia 1 bulan, berikut adalah penjelasan mengenai tahapan-tahapan yang terjadi berdasarkan hitungan mingguan:

  • Minggu Pertama

Di rentang waktu ini sel sperma sukses melakukan pembuahan pada sel telur. Adapun lama pembuahan sel telur bisa bervariasi mulai dari hitungan beberapa menit hingga beberapa hari.

Apabila proses pembuahan berhasil, maka dapat dipastikan siklus menstruasi akan tertunda. Oleh karena itu, bagi yang sudah telat menstruasi paling tidak dua minggu setelah melakukan hubungan intim, sebaiknya segera memeriksakan diri karena hal tersebut bisa menjadi pertanda awal dari masa kehamilan.

  • Minggu Kedua

Di rentang waktu ini terjadi proses pematangan folikel pada indung telur yang kelak akan menjadi cikal bakal sang buah hati. Pada masa ini, dinding rahim sang Ibu akan mulai mempersiapkan diri menyambut kedatangan indung sel telur, yaitu dengan cara menebalkan lapisan dalamnya agar janin nyaman dan dapat tumbuh dengan sempurna.

  • Minggu Ketiga

Pada rentang waktu ini sel telur akan menggumpal menjadi sebuah Blastosis yang merupakan sebuah “bola sel” berukuran super kecil. Pada tahapan ini, informasi genetik dalam sel telah terbentuk secara permanen. Artinya, sang calon bayi kini telah memiliki preferensi kelamin tersendiri, antara tumbuh sebagai laki-laki atau perempuan.

  • Minggu Keempat

Ini adalah saat-saat pertama sel indung telur yang telah dibuahi menempel pada dinding rahim. Sel yang menempel ini disebut sebagai ‘embrio’ dan secara alami akan membelah diri menjadi dua bagian; satu akan tumbuh sebagai sang jabang bayi, sementara yang lain akan berubah menjadi plasenta yang berfungsi sebagai sumber kehidupan janin di dalam rahim.

Dalam fase ini, janin juga akan mulai membentuk sel-sel terpisah bagi kelangsungan hidupnya kelak seperti organ dalam, rambut, kulit, tulang, dan mata.

Demikianlah, sedikit ulasan mengenai perkembangan janin usia 1 bulan. Sebagai saran, ketika telah dinyatakan positif hamil, sebaiknya segera rencanakan pola hidup sehat yang disertai dengan konsumsi vitamin ekstra. Ingatlah bahwa proses kehamilan menandakan bahwa ada kehidupan lain yang sedang tumbuh di dalam tubuh, karenanya pastikan ada asupan gizi yang cukup bagi diri Ibu dan sang buah hati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *