Perkembangan Janin di Usia Kehamilan 8 Bulan

Apa saja tahap perkembangan janin usia 8 bulan yang perlu Anda perhatikan? Di masa kehamilan bulan kedelapan ini, Anda sebaiknya sudah mulai menentukan di manakah Anda akan bersalin, dengan metode apa, bahkan bersiap-siap apabila diperlukan operasi.

perkembangan janin 8 bulan

Tidak hanya menyiapkan perlengkapan bayi untuk kelahiran, Anda juga harus mempersiapkan proses menyusui dan latihan pernapasan untuk hari lahir bayi.

Semisal Anda memilih untuk melahirkan secara normal, yang perlu Anda lakukan sebelumnya adalah mengikuti senam hamil yang biasanya diadakan di rumah sakit ibu dan anak. Di senam hamil inilah nantinya Anda akan diajarkan cara pernapasan terbaik, agar persalinan lancar.

Berikut merupakan rincian apa yang akan terjadi dengan bayi dalam perut Anda sesuai dengan urutan minggunya:

Minggu 33

Dengan berat kurang lebih 2 kg dan panjang kira-kira 44 cm, posisi kepala bayi seharusnya sudah berada di bagian bawah dalam posisi siap lahir. Namun, jangan kaget, apabila di minggu-minggu terakhir sebelum persalinan, ada kemungkinan berubah posisi.

Kulit bayi yang awalnya berwarna merah berganti menjadi cerah dan tidak keriput, bersamaan dengan lemak yang bertambah di bawah kulit. Di usia 33 minggu ini, otak dan sistem sarafnya berkembang sempurna walau tempurung kepalanya belum begitu kuat. Kondisi kepala tersebut memudahkan bayi keluar ketika akan lahir.

Minggu 34

Lemak bertambah lebih banyak lagi untuk menjaga suhu tubuh bayi. Tubuh secara keseluruhan semakin panjang, sehingga bayi Anda pun meringkuk dalam rahim. Organ-organ tulang semakin keras, kecuali tulang tempurung kepala. Di minggu ini, bayi memiliki berat sekitar 2,1 kg dan panjang badan 45 cm.

Minggu 35

Dengan ginjal yang sudah terbentuk sempurna, dan organ hatinya sudah dapat mengolah zat sisa metabolisme, berat bayi bertambah menjadi sekitar 2,4 kg dan panjang 46 cm. Lebih jauh, tulang dan badannya makin besar; terkadang siku atau kaki bayi sampai terlihat di permukaan perut Anda.

Minggu 36

Berat badan bayi bertambah sekitar 28 gr per hari. Jadi sampai minggu ini diperkirakan beratnya 2,6 kg dan panjangnya 47 cm. Organ paru-paru sudah sempurna, mulut dan pencernaannya pun sudah siap untuk mencerna ASI.

Apa yang Terjadi pada Ibu?

Berat badan Anda sudah jelas akan makin bertambah. Pertambahan berat badan ini menyebabkan Anda merasa lebih cepat lelah dan merasakan sakit di bagian punggung. Silakan menyiapkan diri karena rahim Anda akan terus mengencang dari waktu ke waktu mendekati kelahiran.

Frekuensi buang air kecil Anda juga akan bertambah karena rahim makin lama makin menekan kandung kemih. Tapi, jangan berhenti untuk minum, karena dengan banyak minum air akan mencegah Anda dan bayi dari dehidrasi.

Apa yang Perlu Dipersiapkan?

Tak berlebihan bila masa hamil bulan ke 8 ini menjadi waktu terakhir Anda mempersiapkan diri untuk persalinan, karena memang dengan sebab-sebab khusus, bayi bisa lahir kapan saja, terlepas dari hari perkiraan lahir yang sudah diberitahukan.

Berikut hal-hal yang penting untuk dipersiapkan sebelum persalinan:

  1. Rumah Sakit Bersalin

Pastikan Anda dan pasangan memilih rumah sakit bersalin yang memang mendukung adanya IMD (Inisasi Menyusui Dini) yang juga menempatkan bayi sekamar dengan Anda. IMD menjadi penting, karena bayi membutuhkan kolostrum yang ada dalam tetesan ASI (Air Susu Ibu) pertama.

  1. Metode Menyusui

Sangat baik bila Anda juga sudah mempersiapkan diri untuk menyusui minimal 6 bulan ke depan (ASI eksklusif). Anda bisa bertanya dan berlatih tentang menyusui di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) terdekat, klinik laktasi, atau Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) di tempat Anda tinggal.

Setelah keduanya siap, bersiagalah, karena buah hati Anda akan lahir bulan depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *