Perkembangan Janin di Usia Kehamilan 7 Bulan

Di tahap perkembangan janin usia 7 bulan ini, Anda akan merasa sesak napas karena kandungan makin lama makin besar. Namun, lambat laun sesak napas Anda akan makin berkurang setelah bayi siap lahir dengan kepala berada di bagian bawah.

perkembangan janin 7 bulan

Saat hamil usia 7 bulan, kebutuhan nutrisi bayi mencapai titik puncak. Anda pun diharuskan makan dan minum bergizi yang mengandung protein, vitamin, asam folat, kalsium, dan zat besi.

Bayi dalam rahim Anda akan berbobot kira-kira lebih dari 1 kg dengan panjang sekitar 38,6-39 cm di masa kehamilan ini. Bayi Anda akan sangat aktif dalam bergerak; Anda pun bisa memperhatikan pola dan waktu bergerak bayi. Pola ini bisa Anda manfaatkan untuk mengecek apakah bayi dalam keadaan sehat atau tidak.

Berikut merupakan rincian apa yang akan terjadi dengan bayi Anda di dalam perut sesuai dengan urutan minggunya:

Minggu 29

Bayi Anda akan bergerak stabil seperti yang disebutkan sebelumnya. Proporsi kepalanya juga bertambah, menyesuaikan dengan ukuran tubuh. Kandung kemih sudah bekerja dengan baik, dan sumsum tulang sudah mengambil kerja organ hati untuk memproduksi sel darah merah.

Minggu 32

Di minggu-minggu kehamilan ini, pastikan bayi Anda sudah berputar dengan kepala sudah berada di bawah, siap untuk lahir. Kulit bayi akan bertambah mulus, lunago di tubuh akan menghilang.

Mata bayi di minggu ini sudah dapat fokus ke satu objek saja. Paru-parunya pun berkembang sangat pesat, dan kadar cairan ketuban ikut meningkat. Untuk kemampuan mengisap sudah makin berkembang, bayi Anda sudah bisa mengisap jempolnya sendiri.

Apa yang Terjadi pada Ibu?

Seiring dengan bertambahnya berat badan Anda ketika hamil menjadi sekitar 8,6-11,3 kg, sebagian ibu hamil masih merasakan konstipasi seperti waktu usia kehamilan 6 bulan.

Kondisi susah bernapas juga jadi lebih sering dirasakan karena berat janin bertambah dan rahim yang menekan ke bagian paru-paru. Kesulitan tidur dan kram kaki terutama di malam hari, juga akan menambah rasa lelah Anda dalam keseharian. Silakan konsultasi ke dokter bila gejala susah tidur berkepanjangan.

Selain merasakan kondisi di atas, sebagian ibu hamil juga akan mengalami keluarnya kolostrum dari payudara sebagai cairan awal sebelum keluarnya ASI nanti. Anda bisa gunakan breast pad untuk menyerap air tersebut bila berlebihan.

Apa yang Perlu Diwaspadai?

  1. Adanya Kontraksi Palsu

Kontraksi palsu merupakan proses layaknya kontraksi kehamilan yang tidak sebenarnya. Hal ini disebabkan karena otot rahim mengencang selama 30-60 detik sampai 2 menit. Bedanya dengan kontraksi asli, Anda akan merasakan kontraksi yang berulang-ulang dan terus-menerus.

  1. Wasir

Wasir merupakan hasil pembengkakan pembuluh darah di dalam atau di sekitar bagian anus. Kondisi wasir yang biasa ditemui di waktu trimester ketiga kehamilan ini sering disebabkan konstipasi dan terlalu sering berdiri.

Di masa hamil 7 bulan ini, untuk Anda yang memilih berkarier atau bekerja, silakan untuk mulai mengajukan cuti hamil selama 3 bulan menyesuaikan dengan hari perkiraan lahir.

Untuk konsumsi sehari-hari, Anda juga disarankan untuk banyak makan sayur dan buah yang berserat, minum sekitar 10-12 gelas air dalam sehari, dan berolahraga secara teratur agar BAB menjadi lebih lancar.

Lebih jauh, silakan Anda berhati-hati terhadap adanya tekanan darah tinggi saat hamil yang dapat mengancam diri Anda dan bayi. Anda juga perlu mengecek apakah mengalami rasa gatal yang berlebihan atau terasa parah, yang bisa jadi salah satu dari gejala gangguan hati.

Sebagai penutup, bagilah momen bahagia si kecil yang sudah mulai aktif bergerak pada orang-orang yang Anda sayangi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *