Perkembangan Janin di Usia Kehamilan 5 Bulan

Mengamati perkembangan janin dari waktu ke waktu memang menakjubkan. Proses tumbuh kembang ajaib dari sebuah sel menjadi seorang manusia memiliki tahapan-tahapan rumit yang menyisakan banyak pertanyaan.

perkembangan janin 5 bulanKemajuan sains di bidang kesehatan telah membuktikan bahwa proses kehamilan dapat dikatagorikan berdasarkan jumlah bulannya yaitu sebanyak 9 bulan. Pada masing-masing bulan terdapat perkembangan unik yang terjadi dalam penyempurnaan rupa dan fungsi janin hingga akhirnya menjadi seorang bayi.

Di tulisan kali ini kita akan mengulas lebih jauh tentang perkembangan sang calon bayi di dalam rahim ibu saat berusia 5 bulan. Berikut adalah penjelasannya dari minggu ke minggu.

Minggu Pertama Bulan Kelima

Di minggu pertama bayi akan mulai memberikan sensasi gerakan yang mulai dapat dirasakan secara langsung oleh sang Ibu. Gerakan yang dilakukan dapat berupa tendangan, pukulan, atau pergerakan badan.

Tak perlu risau jika bayi dalam kandungan belum menunjukan tanda-tanda pergerakan pada saat ini karena laju tumbuh kembang serta tingkat keaktifan seorang bayi di dalam rahim biasanya memang bervariasi.

Sebagai tambahan, intensitas gerakan dalam rahim tidak dapat menjadi patokan kelamin sang jabang bayi. Banyak orang berasumsi bahwa tendangan janin yang kuat di dalam rahim menandakan jenis kelamin laki-laki, padahal hal ini tidak memiliki dasar teori yang kuat. Jika Anda ingin mengetahui jenis kelamin calon anak Anda secara akurat, sebaiknya gunakanlah metode USG.

Minggu Kedua Bulan Kelima

Di periode ini ukuran janin sudah bertambah besar, hampir seukuran buah nanas muda. Selain itu si kecil juga mulai diselimuti oleh lapisan zat pelindung tipis yang akan melindungi tubuhnya dari cairan di dalam rahim.

Lapisan ini kelak akan hilang dengan sendirinya bersamaan dengan pecahnya air ketuban sebelum proses kelahiran. Proses pembentukan lapisan pelindung ini memerlukan banyak kandungan zat besi, oleh karena itu sang ibu dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dengan kadar zat besi yang cukup agar terhindar dari risiko anemia.

Minggu Ketiga Bulan Kelima

Menjelang minggu ketiga bulan kelima, pada umumnya bayi telah memiliki tanda-tanda kelamin yang jelas dan dapat dilihat secara langsung melalui metode USG. Di rentang waktu ini bayi akan mulai menyempurnakan jaringan organ vital seperti rahim (apabila bayinya perempuan) dan buah zakar (apabila bayinya laki-laki). Selain itu, ukuran bayi juga bertambah kian besar pada fase ini, yaitu hampir sebesar buah melon.

Minggu Keempat Bulan Kelima

Dengan perkembangan sel dan organ luar yang kian pesat dari waktu ke waktu, pada minggu keempat bulan kelima, bayi Anda sudah mulai bisa merasakan sensasi rasa dari makanan yang Anda cerna. Itu berarti Ibu harus memberikan perhatian yang lebih detail lagi pada jumlah nutrisi dan rasa dari makanan yang dikonsumsi.

Jika Ibu banyak makan makanan pedas, maka sang jabang bayi pun akan merasakan sensasi pedas, hal ini berlaku bagi bermacam-macam sensasi rasa lain seperti asam, asin, manis, hingga pahit. Karenanya, memperbanyak konsumsi sayur dan buah yang memiliki rasa manis alami sangat dianjurkan dalam periode ini.

Nah, dari semua penjelasan mengenai perkembangan janin usia 5 bulan di atas, dapat diketahui bahwa pertumbuhan sebuah janin menjadi bayi perlu melewati berbagai tahapan yang juga dapat dipengaruhi oleh kondisi sang ibu. Oleh karena itu, bagi Anda yang saat ini sedang melalui masa kehamilan, kesadaran tentang menjaga pola hidup sehat dan asupan makanan bergizi dari waktu ke waktu merupakan poin yang sangat penting dalam proses tumbuh kembang sang jabang bayi di dalam rahim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *