Perkembangan Janin di Usia kehamilan 2 Bulan

Bagi yang sedang menunggu kedatangan sang buah hati, membuka wawasan mengenai tahapan-tahapan perkembangan janin merupakan hal yang wajib dilakukan. Tujuannya tidak lain untuk ikut memantau perkembangan sang jabang bayi di dalam rahim secara saksama.

Proses kehamilan dapat dibagi menjadi 9 tahapan berdasarkan lama periode kehamilan yang berjumlah 9 bulan. Jika proses perkembangan janin pada bulan pertama sudah dijelaskan sebelumnya, pada kesempatan ini kita akan membahas secara detail proses perkembangan janin yang terjadi di usia 2 bulan secara bertahap, yaitu mulai dari minggu ke-5 hingga hingga minggu ke-8.

perkembangan janin 2 bulan

  • Minggu Kelima

Di minggu ke-5, embrio yang menempel di dinding rahim akan mengeluarkan ekor sehingga menyerupai kecebong yang berukuran sangat kecil.

Di fase ini janin akan mulai melakukan pembentukan jantung dan sistem peredaran darah yang menjadi tumpuan bagi pengembangan kelangsungan hidup janin sebagai seorang manusia. Pada fase ini janin juga akan mulai membentuk jaringan saraf yang merupakan fondasi utama dari fungsi organ otak dan tulang belakang.

  • Minggu Keenam

Memasuki minggu keenam masa kehamilan, jantung sang jabang bayi akan mulai berdenyut dalam tempo lambat. Di masa ini si kecil akan mulai membentuk rangka wajah seperti dahi, rahang, dan pipi.

Daun telingan beserta saluran pendengaran juga mulai akan terlihat secara jelas pada waktu ini. Organ dalam si buah hati pun akan mengalami perkembangan mulai dari segi fungsi, rangka, hingga ukuran sehingga sang ibu akan mulai merasakan pembesaran di area perutnya.

Perlu diketahui bahwa normalnya rahim hanya berukuran sebesar kepalan tangan, dan seiring dengan perkembangan janin di dalam perut saat hamil, rahim akan senantiasa “beradaptasi” dengan cara membesar hingga mampu menampung sang jabang bayi di dalamnya.

  • Minggu Ketujuh

Di awal minggu ketujuh, janin sudah memiliki organ ginjal yang dapat menjalankan fungsinya sebagai penyaring zat yang tidak diinginkan.  Perkembangan si kecil di periode ini akan mulai terpusat pada pembentukan jaringan kepala seperti mata, lidah, mulut, dan hidung.

Di periode ini, janin akan mulai berbentuk seperti seorang manusia yang ditandai dengan pembentukan rangka fisiologis seperti lengan, lutut, dan kaki. Selain itu organ ginjal juga sudah terbentuk dan mulai dapat menjalankan fungsinya sebagai penyaring zat-zat yang tidak diperlukan janin.

  • Minggu Kedelapan

Di periode ini janin akan mengalami percepatan pertumbuhan dengan bentuk wajah dan tubuh yang sudah mulai jelas. Denyut jantung si kecil pun akan semakin cepat sehingga janin sudah bisa mulai bergerak secara perlahan.

Pada minggu kedelapan, sang Ibu juga biasanya akan mengalami perubahan fisiologis pada tubuhnya, seperti ukuran pinggang yang melebar, perut yang mulai membuncit, dan payudara yang membengkak.

Sang Ibu juga akan mengalami kecenderungan gangguan psikologis ringan seperti emosi yang meluap (mudah menangis atau marah), serta tidak percaya akan kondisi hamil itu sendiri. Hal ini wajar karena proses kehamilan memang ikut memengaruhi hormon pada wanita dan berimbas pada kondisi kejiwaan yang rentan.

Itulah sedikit pembahasan mengenai perkembangan janin di usia 2 bulan dari minggu ke minggu. Penting untuk diketahui bahwa tahapan perkembangan sang buah hati di fase ini masih jauh dari kata sempurna, untuk itu tak perlu khawatir apabila Anda belum bisa merasakan “tendangan” atau “gerakan” si kecil di dalam perut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *