Perkembangan Janin di Usia Kehamilan 3 Bulan

perkembangan janin 3 bulanSetiap tahapan pada proses kehamilan adalah momen unik yang berbeda bagi tiap pasangan suami istri. Selama 9 bulan masa kehamilan terdapat hal-hal yang patut menjadi perhatian Anda, para calon orang tua, demi memastikan kondisi sang jabang bayi sehat dan prima sesuai dengan harapan.

Sebagai salah satu bagian penting dari masa kehamilan, periode akhir trimester pertama merupakan jangka waktu yang penting bagi perkembangan janin menjadi seorang jabang bayi. Dalam masa ini ada beberapa perkembangan penting dalam tubuh calon buah hati, yaitu meliputi:

  1. Pembentukan Rangka Tulang

Di usia kehamilan 3 bulan, janin akan mulai membentuk tulang belulang, mulai dari tulang lutut, tulang rawan, hingga tulang kepala termasuk tulang rahang dan gigi. Pada saat ini deretan gigi di bagian bawah jaringan yang nantinya akan menjadi gusi mulai tersusun. Gigi ini akan terus berada si bawah gusi sampai nantinya mulai tumbuh sempurna saat anak menginjak usia sekitar 6 bulan.

  1. Peningkatan Denyut Jantung

Pada periode kehamilan ini, sang jabang bayi akan mulai dapat terdengar dengan bantuan alat Doppler yang digunakan oleh dokter kandungan atau bidan. Kerena fungsi jantung yang kian sempurna, pada tahap ini si kecil akan mulai membuat gerakan-gerakan kecil dalam tubuh yang dapat dirasakan secara samar-samar.

  1. Perkembangan Pada Jaringan Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan pada janin di usia 3 bulan akan mulai mengalami gerak kontraksi yang berfungsi melancarkan asupan makanan dalam tubuh. Hal ini turut didukung dengan produksi sel darah putih dan sel darah merah yang melindungi tubuh janin dari serangan bakteri.

Rangkaian sistem pencernaan yang berkembang pada tubuh janin memang belum sepenuhnya berfungsi secara sempurna pada fase ini, namun pertumbuhan sistem tersebut akan membuat ukuran janin bertambah kian besar sehingga rahim ibu terasa semakin berisi.

  1. Perkembangan Pada Pita Suara

Pada akhir minggu ketiga belas masa kehamilan, janin akan mengalami perkembangan pada fungsi organ pita suara yang nantinya akan menentukan karakter suara sang jabang bayi. Perkembangan fungsi pada organ ini juga diikuti dengan perkembangan bagian atas tubuh bayi, mulai dari dada, leher, hingga kepala.

  1. Peningkatan Asupan Makanan Janin

Pada akhir trimester pertama, jumlah makanan yang diserap oleh janin di dalam kandungan mulai meningkat secara signifikan sehingga sang ibu harus mendapat perhatian ekstra dalam hal asupan makanan.

Konsumsi susu formula khusus ibu hamil bersamaan dengan penggunaan suplemen vitamin sangat penting untuk dilakukan. Untuk mendapat hasil terbaik, sebaiknya konsultasikan dahulu kondisi kehamilan pada dokter kandungan sebelum mulai mengonsumsi suplemen tambahan. Pastikan jenis suplemen yang diminum sesuai dengan kebutuhan Anda dan sang buah hati.

Demikianlah pembahasan mengenai perkembangan janin usia 3 bulan. Sebagai tambahan, pada trimester awal, biasanya akan ada beberapa gejala gangguan fisik yang dialami oleh sang ibu, seperti gangguan pencernaan, rasa mual yang berlebih, rasa lelah meskipun tidak beraktivitas, sakit kepala, dan rasa nyeri pada payudara.

Gangguan-gangguan ini seringkali disertai dengan kondisi psikis yang tidak menentu, seperti emosi yang mudah berubah-ubah, perasaaan was-was, dan rasa takut akan proses melahirkan.

Apabila tanda-tanda tersebut muncul, jangan panik. Segera konsultasikan permasalahan tersebut pada ahlinya agar tidak berdampak pada perkembangan sang buah hati di dalam rahim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *