Pengaruh Endometriosis Terhadap Kesuburan (Infertilitas)

Endometrium adalah jaringan yang melapisi bagian dalam rongga rahim. Endometriosis adalah suatu kondisi penyakit yang menyebabkan jaringan endometrium tumbuh diluar rahim. Implan endometriosis dapat tumbuh pada peritoneum (lapisan perut dan panggul), kadang-kadang menyebabkan jaringan parut yang mungkin melibatkan ovarium dan menghalangi tabung.

Studi sudah menunjukkan bahwa wanita yang menderita endometriosis walaupun ringan, cenderung sulit untuk hamil.

endometriosis

Yang harus dilakukan sebagai terapi alami untuk endometriosis infertilitas.

Perubahan gaya hidup adalah beberapa cara paling efektif untuk membantu endometriosis. Ini akan mengubah diet Anda, membersihkan jaringan tua dan kemacetan, menyeimbangkan hormon Anda, dan menghindari polutan tertentu. Tujuan keseluruhannya adalah untuk mendukung fungsi dan kesehatan sistem endometrium, endokrin dan sistim imun yang tepat.

Satu-satunya cara untuk mengetahui dan memastikan bahwa wanita memiliki endometriosis adalah dengan melakukan prosedur pembedahan yang disebut laparoskopi yang memungkinkan kita melihat ke dalam rongga perut dengan ruang lingkup yang sempit.

Sebagian besar kasus endometriosis bersifat ringan. Perkembangan endometriosis mengalami tren peningkatan. Khususnya pada wanita remaja. Banyaknya orang acuh dan kurangnya edukasi tentang ini juga bisa menjadi salah satu faktor. Penyakit endometri memang tidak sepopuler kanker. Tapi kalau tidak dideteksi dapat mengganggu pembuahan. Anda akan sulit mengalami hamil.

Penelitian menyebutkan 20-40% wanita yang sulit hamil mengalami endometriosis. Hal ini tentu mempengaruhi mentalitas dan psikis setiap pasangan. Sulit hamil dengan tidak bisa hamil adalah hal yang berbeda. Jika pasangan belum juga hamil, sebaiknya jangan langsung menghakimi dan menuduh mandul.

Periksakan dan konsultasikan kepada dokter. Bisa jadi sang wanita mengalami endomentriosis. Jika memang benar, anda bisa mengobati endometriosis tersebut terlebih dahulu setelah itu barulah melakukan program kehamilan.

Beberapa dokter OB / GYNs dan kesuburan menganjurkan penekanan medis dengan agonis GnRH seperti Lupron, Synarel, atau Zoladex hingga 6 bulan setelah operasi untuk endometriosis berat sebelum mencoba pembuahan.

Endometriosis tidak digolongkan sebagai kanker. Walaupun ada kelainan pada jaringan, tetapi kelainan hanya terletak pada “salah tempat” yaitu endometrium yang berada diluar rahim. Tentu hal ini akan mempengaruhi infertilitas.

Endometriosis dapat timbul di berbagai tempat. Tempat yang paling sering ditemukan adalah di belakang rahim, pada jaringan antara rektum dan vagina, dan permukaan rektum. Tapi kadang-kadang juga ditemukan di tuba, ovarium, otot-otot pengikat rahim, kandung kencing dan dinding samping panggul.

Pengobatan

Pengobatan yang dilakukan tergantung dengan gejala, usia dan luasnya daerah yang terkena. Cara pengobatannya bisa dengan terapi hormonal, bisa juga dengan bedah operasi. Setelah menjalani pengobatan dan dinyatakan sembuh dari endometriosis, kemudian mendapatkan hasil positif dibulan berikutnya. Dibantu juga dengan suplemen kesuburan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *