Manfaat Pijat Bayi

Pijat dapat membantu bayi anda tidur lebih nyenyak, menyehatkan dan mendapatkan ikatan yang lebih intim dengan ibu. Bagi ibu yang tidak berani atau tidak tahu teknik untuk melakukan pijat bayi, anda bisa mengikuti kursus. Ada kursus bagi ibu yang ingin belajar pijat bayi.

Pijat pada bayi juga bisa membuatnya tidak rewel. Anda mungkin kesal dengan tangisan yang terus menerus dan bayi anda tidak mau diam. Nah silahkan anda coba lakukan pijat padanya. Mungkin itu dapat membantu anda, mungkin itu masalah yang terjadi pada bayi anda.

Bagi bayi yang lahir prematur yang tentunya membutuhkan perawatan khusus, pijat bayi bisa menjadi selingan untuk memberikan manfaat sebagai berikut :

  1. Bisa meningkatkan berat badan sang bayi
  2. Detak jantung lebih stabil
  3. Respon yang lebih tenang terhadap rasa sakit dan stres
  4. Otak berkembang lebih stabil

 

Tips Sederhana Untuk Melakukan Pijat Bayi

 

manfaat pijat bayi

Sebelum anda memulai pastikan ruangan itu hangat dan sepi. Lepaskan perhiasan dan cuci tangan anda. Pastikan tangan anda higienis. Kalau perlu pakai tisu bayi.

Siapkan yang diperlukan seperti handuk, popok, baby oil dan pakaian bersih. Setelah menggunakan baby oil pastikan itu dijauhkan dari jangkauansang anak bayi.  Ditakutkan baby oil tersebut diminum.

Lalu letakkan dia pada handuk atau selimut yang lembut dengan bantal dikepalanya. Pijat dengan lembut telapak tangannya dengan ibu jari anda. Lakukan juga pada telapak kakinya. Pijat juga dengan lembut lengannya dari atas kebawah. Lakukan pada kedua lengan dan betisnya.

Kontak ibu dan anak dari kulit-kekulit seperti ini akan memberikan rasa aman, nyaman dan tenang bagi sang bayi. Hal ini juga mendorong sang bayi untuk tidur.

Pastikan melakukan pijatan saat suasana aman dan nyaman. Sebaiknya juga pijat bayi diberikan secara rutin. Tips lain yang tidak kalah penting dalam hal pijat bayi adalah selalu lihat respon bayi, apakah merasa nyaman atau malah menangis.

Silahkan lihat dan pelajari teknik-teknik dalam memijat bayi yang baik dan benar (lebih lengkap) disini : https://www.babycenter.com/slideshow-baby-massage

Perbedaan Pijat dan Urut

Urut lebih identik dengan penyembuhan suatu penyakit. Sedangkan pijat seperti relaksasi. Misalnya Urut tetap dilakukan walaupun bayi menangis (mungkin karena kesakitan), dan ini dilakukan dengan tujuan untuk menyembuhkan.

Perbedaan nya sebenarnya tidak terlalu jauh. Tapi perbedaan ini wajib anda ketahui agar anda paham apa itu manfaat dari pijat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *